Tugas digital marketing 1
NAMA : Luthfia Bilqis Sabrina
KELAS : MANAJEMEN A4/4
NIM : 192010200364
MATKUL : DIGITAL MARKETING
DOSEN PENGAMPU : Tofan Tri Nugroho, SE., M.M.
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO
DESAIN PENGALAMAN PENGGUNA DAN PENGEMBANGAN DESAIN WEB
DESAIN PENGALAMAN PENGGUNA
Desain pengalaman pengguna adalah konsep web yang sulit untuk didefinisikan secara spesifik. Situs web standar harus dapat diandalkan, fungsional, dan nyaman, tetapi situs web UX yang bagus harus menyenangkan untuk digunakan, dan pengalaman yang layak dibagikan.
Mengenal UX Design
UX (user experience) adalah langkah dasar pertama dari aset digital yang efektif. User experience adalah bagaimana pengalaman pengguna dalam berinteraksi/menggunakan produk digital Anda. UX online dapat dibagi menjadi dua kategori besar :
UX Fungsional : Mencakup elemen pengalaman pengguna yang berhubungan dengan benar-benar menggunakan alat - seperti elemen teknis yang berfungsi, navigasi, penelusuran, dan tautan.
UX Kreatif : kesan yang lebih besar, lebih sulit didefinisikan yang dibuat oleh alat - yang disebut faktor 'wow' yang mencakup elemen visual dan kreatif.
Manfaat UX :
UX yang baik adalah cara terbaik untuk membedakan diri Anda di pasar dan memberi diri Anda keunggulan kompetitif. Jika titik kontak online Anda mudah, menyenangkan, intuitif, dan mengagumkan untuk digunakan, pelanggan Anda tidak akan punya alasan untuk mencari di tempat lain.
Riset dan desain UX yang baik memungkinkan Anda menemukan solusi terbaik untuk kebutuhan Anda. Setiap bisnis, situs web, dan layanan online memiliki keunikan dalam beberapa hal, yang berarti cara penyiapannya juga harus unik. Dalam proyek UX, opsi yang lebih sederhana hampir selalu lebih baik dan lebih ramah pengguna. Kesederhanaan dapat berarti beberapa hal:
-Banyak ruang kosong
-Lebih sedikit pilihan
-Bahasa sederhana
-Berpegang teguh pada konvensi
Kredibilitas merupakan pertimbangan besar bagi pengguna web ketika memutuskan untuk menggunakan situs web Anda atau tidak.
Berikut beberapa petunjuk yang digunakan pengunjung untuk menentukan kredibilitas sebuah situs web:
Penampilan
Nomor telepon dan alamat yang menonjol yang mudah ditemukan
Informatif & pribadi 'tentang kami'
Testimoni asli
Ada beberapa tantangan yang perlu diatasi apabila menggunakan seluler.
Layar Kecil : Bahkan smartphone terbesar memiliki layar yang berkali-kali lebih kecil dari laptop standar (dan tablet berada di antara keduanya)
Input yang sulit : Ponsel tidak dilengkapi dengan keyboard dan mouse berukuran penuh, sehingga biasanya jauh lebih sulit untuk dioperasikan dengan lancar dan akurat daripada komputer desktop (layar sentuh mungkin merupakan pengecualian di sini, meskipun mereka juga memiliki kekurangannya sendiri).
Kecepatan koneksi lambat : Banyak pengguna telepon seluler, terutama di negara berkembang, memiliki koneksi Internet yang lambat - dan bahkan opsi cepat seperti 3G sering kali lebih lambat daripada versi desktop yang setara.
Perangkat keras lambat : Kadang-kadang kelambatan berasal dari perangkat keras itu sendiri - semakin mendasar telepon, semakin lambat komponen pemrosesannya, membuat tindakan sederhana membuka browser dan memuat halaman memakan waktu.
Panduan langkah demi langkah untuk Web desain :
Melakukan penelitian dan penemuan
Membuat struktur dasar situs
Menganalisis konten
Buat peta situs
Membangun navigasi
Buat tata letak
Merakit elemen lain
Tentukan desain visual
Melakukan pengujian Pengujian
Alat Perdagangan Dalam UX
Bantu Alat UX berkisar dari yang belum sempurna (pena dan kertas) hingga yang sangat canggih (aplikasi web dan alat teknologi).
Axure adalah alat prototipe serba guna yang memungkinkan Anda membuat situs web berbingkai kawat yang sepenuhnya interaktif tanpa perlu membuat kode apa pun.
Gliffy adalah alat berbasis web yang memungkinkan Anda membuat berbagai diagram - mulai dari gambar rangka hingga peta situs hingga bagan.
Morae adalah tempat yang baik untuk memulai jika Anda mencari pengganti berbasis web untuk lab pengguna.
WEB DEVELOPMENT and DESAIN
Pengembangan dan desain web dapat digunakan untuk aset digital apa pun yang Anda buat, dari platform seluler hingga profil media sosial.
Pembuatan online assets (web) melibatkan tiga proses utama yaitu :
perencanaan dan desain (menciptakan tampilan),
tata letak dan gaya yang dilihat pengguna, dan
Pengembangan web.
Prinsip dasar pengembangan dan desain web yang baik adalah memahami pengguna Anda (users) yaitu orang-orang yang benar-benar akan menggunakan dan berinteraksi dengan situs web Anda. Contoh memahami apa yang mereka cari di web anda? Apa tujuan mereka berinteraksi dengan situs web anda?
Web adalah proses menciptakan semua aspek visual yang mencakup tata letak, skema warna, gambar, logo, jenis, elemen desain (seperti tombol dan tautan), dan hal lain yang dapat dilihat.
Web adalah media visual, sehingga desain merupakan bagian yang sangat penting dalam menciptakan sbuah aset online yang menarik dan efektif. Tampilan visual dan desain situs web adalah representasi visual dari semua kerja keras yang dilakukan untuk mengembangkan situs web. Hal ini sangat penting dan merupakan langkah awal dalam menciptakan pengalaman pengguna yang menyenangkan.
Saat mengembangkan situs web, Anda perlu membuat tiga keputusan utama yaitu:
Apakah situs web Anda harus statis atau harus memiliki sistem manajemen konten (CMS)?
Situs web statis, sesuai dengan namanya, adalah situs yang tidak sering berubah - selain pembaruan sesekali, situs web tetap sama dari waktu ke waktu dan tidak ada konten baru yang ditambahkan. Jika konten baru diperlukan, pengembang web perlu menambahkannya.
CMS adalah singkatan dari sistem manajemen konten. CMS digunakan untuk mengelola konten situs web. Jika situs sering diperbarui dan jika orang selain pengembang web perlu memperbarui konten situs web, CMS digunakan.
Bahasa sisi server mana yang harus digunakan?
Saat memilih bahasa sisi server, hal-hal yang perlu dipertimbangkan biaya dan skalibitas
Bahasa front-end mana yang harus Anda gunakan?
Pengalaman ini berkisar dari animasi sederhana hingga antarmuka yang sangat responsif yang membutuhkan masukan dari pengguna. Ada beberapa teknologi yang tersedia untuk menciptakan pengalaman semacam itu, masing-masing dengan peluang dan tantangannya sendiri.
Ada beberapa opsi untuk dipilih dalam hal bahasa front-end, meskipun yang paling populer sejauh ini adalah HTML, ditambah dengan CSS dan JavaScript.
Langkah-langkah untuk membangun sebuah Website :
Perencanaan dan penelitian
Memilih nama yang dominan
UX dan konten strategi
Penentuan alat visibilitas
Desain
Pengembangan
Pengujian dan Peluncuran
Komentar
Posting Komentar